Categories: Tekno

7 Element Penting Toko Online

Buat anak muda yang masih sibuk kuliah, atau ingin mencari tambahan uang, bisnis online memang sangat menggiurkan. Melihat profit yang didapat para pebisnis online yang sudah sukses, kamu pasti tergiur. Pasalnya, bukan hanya soal tren. Tapi soal efisiensi penjualan.

Keuntungan ini ternyata juga didapat para pelanggan. Tapi, apakah kamu yakin, bisnis yang kamu jalani itu benar-benar online? Atau jangan-jangan hanya toko semi offline? Nah, simak 7 elemen yang harus dimiliki tokomu agar menjadi bisnis online yang sebenarnya.

7 Element Penting Toko Online

  1. Toko online milikmu harus benar-benar bekerja secara online. Artinya, pelanggan harus bisa pesan atau beli barang secara online. Bukan dengan chat, telepon, SMS, apalagi mendatangi tokonya.
  2. Tokomu juga harus punya sistem perhitungan otomatis. Jangan biarkan pelanggan menghitung sendiri ongkos kirim dan jumlah semua yang harus mereka bayar secara manual. Bukan juga kamu yang menghitung ongkos kirim.
  3. Harus ada sistem pembayaran otomatis. Jangan repotkan pelanggan dengan mengharuskan mereka upload bukti transfer atau pembayaran. Cobalah buat segalanya menjadi canggih, sehingga bisa memudahkan dan memberikan kenyamanan buat pelanggan.
  4. Auto responder itu penting. Jadi, mereka bisa tahu, apa status barang yang mereka beli. Kamu juga tidak lagi ditanyai barang sudah dikirim atau belum, barang sudah di mana, dan lainnya.
  5. Bikin supaya mereka bisa belanja kapan pun dan di mana pun. Artinya, tokomu bukan 24/7. Mereka bisa melakukan transaksi tengah malam atau bahkan dini hari, tanpa harus membangunkanmu yang sedang tertidur lelap.
  6. Tersedia live chat. Sehingga mereka tak harus add Line atau mengontakmu lewat aplikasi chat lain. Ini akan mempermudah mereka untuk menanyakan produk dan hal-hal lain yang berkenaan dengan sistem pembelian.
  7. Jangan sampai toko onlinemu membosankan. Tokomu harus dilengkapi dengan blog. Bukan, bukan blog catatan pribadimu. Blog ini juga sama sekali tak menjual produk. Tapi sebagai magnet agar banyak orang yang mengunjungi toko online milikmu. Misalnya, kamu menjual pakaian renang. Blogmu bisa berisi tentang teknik renang, kolam renang yang terdekat di ibu kota, bahkan bisa juga bercerita tentang sejarah baju renang. Apa pun lah yang bisa menarik minat pelangganmu.

Demikian artikelĀ 7 Element Penting Toko Online, semoga bermamfaat bagi sobat yang akan berbisnis dengan sistem online. Jangan lupa follow G+ opinikoe.com.

sumber informasi

View Comments

Recent Posts

11 Tanda Doi termasuk Pria Mapan

Memilih pasangan memang tidak mudah. Yang terlihat baik belum tentu sesuai. Cocok belum tentu jodoh. Nah, yang idaman belum tentu… Read More

3 years ago

Limiting Download File Extensions on Mikrotik

Limiting Download File Extensions on Mikrotik adalah Salah satu management bandwidth di mikrotik paling ideal dalam membetasinya berdasarkan ekstensi file… Read More

3 years ago

20 Nama Binatang yang Disebut dalam Alquran

Dalam kitab suci umat Islam, Alquran, banyak disebutkan nama-nama binatang. Baik binatang bertulang belakang maupun binatang tanpa tulang belakang. Dari… Read More

3 years ago

4 Cara Jitu Diterima Kerja walau Fresh Graduate

Sudah lulus dan punya gelar, sekarang saatnya terjun ke dunia kerja. Tapi ternyata cari kerja itu susah. Banyaknya persaingan dan… Read More

3 years ago

5 Tips Melatih si Kecil untuk Disiplin

Melatih si kecil untuk disiplin perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting agar si kecil terbiasa melakukan hal baik. Segala… Read More

3 years ago

3 Alasan yang Bikin Situsmu Tak Menghasilkan Uang

Apa pun bidang bisnismu, situs menjadi alat untuk menghasilkan uang. Selain tempat menjual produk, situs juga bisa sebagai branding perusahaanmu.… Read More

3 years ago