Beranda Tekno Apa itu SEO dan seberapa penting bagi sebuah blog

Apa itu SEO dan seberapa penting bagi sebuah blog

13

APA ITU SEO

SEO Adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs blog atau sebuah halaman blog di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

Seperti ilustrasi video diatas, seo sering dimamfaatkan untuk kebutuhan bisnis perusahaan atau perorangan dalam memasarkan produknya, apa itu dalam bentuk katalog produk atau online shop.

Apa itu SEO dan seberapa penting bagi sebuah blog

SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website atau blog yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website atau blog menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis. Apa itu SEO

Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, kita akan melihat list website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Halaman website/ blog yang teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapatkan pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian.

Ilustrasi blog yang teroptimasi seo dengan baik sebagai berikut :

  • kata kunci gaya unik fotografer, menampilkan artikel blog opinikoe di halaman 1

Apa itu SEO

  • kata kunci gaya fotografer, menampilkan artikel blog opinikoe di halaman 2

Apa itu SEO

  • kata kunci gaya unik dslr, menampilkan artikel blog opinikoe di halaman 1

 

 Apa itu SEO

Yang menjadi pertanyaan berikutnya, apakah dengan blog kita yang sudah sudah optimasi seo dan sudah mejeng di page one akan meraih sukses besar? jawabannya bisa iya.. bisa tidak…, namun menurut opinikoe.com minimal kita sudah berada dijalan yang benar, istilahnya kita sudah meletakan umpan pancing ditempat yang banyak ikannya tinggal menunggu kapan umpan kita disambar oleh ikan-ikan tersebut.

Jadi SEO sangatlah penting dalam menuntun atau membawa arah blog kita menuju jalan yang benar, soal blog kita akan menjadi sukses besar atau tidak setelah optimasi SEO, itu masalah nasib…. 😀 😀 😀 (mungkin sobat belum beruntung).

Untuk kita sebagai blogger pemula, tidaklah perlu belajar ilmu SEO tingkat dewa namun cukup belajar SEO dasar saja. Apa saja SEO dasar yang wajib diketahui oleh seorang blogger pemula? yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page.

1. Apa Itu SEO On Page

SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website atau blog yang dilakukan dari sisi website atau blog itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website atau blog yang SEO Friendly. Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:

  • Riset keywords, untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website atau blog yang akan dibuat.
  • Membangun website atau blog dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat.
  • Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten.
  • Menambahkan description yang relevan dengan website.
  • Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens.
  • Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly.
  • Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4).
  • Mengatur navigasi website sebaik mungkin.
  • Membangun internal links.
  • Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image pada konten.
  • Isi konten minimal 300 kata.
  • Dan lain-lain

2. Apa Itu SEO Off Page

SEO Off Page adalah upaya optimasi website atau blog yang dilakukan dari luar website atau blog yang dibangun. Sebuah halaman website atau blog yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website atau blog itu sendiri. Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website atau blog yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website atau blog di internet antara lain:

  • Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
  • Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
  • Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
  • Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
  • Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
  • Links dari website yang menerima guest blogger
  • Dan lain-lain

Mungkin itu saja yang dapat opinikoe.com jelasan Apa itu SEO, bagaimana penerapannya, dan apa manfaatnya bagi website bisnis Anda. Optimasi website di mesin pencari adalah proses yang harus kita lakukan secara berkala karena search engine (terutama Google) selalu memperbaharui hasil pencarian mereka dan menampilkan website yang paling relevan dan teroptimasi dengan baik.

Memang kita dalam menulis artikel blog itu untuk dibaca oleh manusia, bukan untuk dibaca oleh mesin pencari. Namun bagimana cara manusia tersebut menemukan blog sobat jika tidak pernah tampil dimesin pencari??? tidak ada cara lain, supaya blog sobat mudah ditemukan reader yaitu dengan OPTIMASI SEO

BERBAGI

13 KOMENTAR

  1. Jujur gan sampe sekarang ane sudah nerapin itu yg Namanya SEO on page dan SEO off Page tapi susah banget rasanya untuk dapat di Page One , 😀 udah usaha gan padahal hahaah jadi saya cuma post2 aja sudah , klo miikirin SEO trus nda bisa ane >_<

    • banyak jg penyebab utama kalah bersaing untuk tampil di page one, salah satu penyumbangnya adalah keyword karena blog agan tentang game, persaingannya sangat ketat coba lakukan research keyword salah satu artikel agan…kira2 berapa banyak saingannya, setelah keyword persaingan perbaiki meta descriptionnya agar bisa lebih bersaing…mungkin itu saja tips dari ane gan…

    • Hallo juga, untuk pengaturan H1 biasanya pada template yg sudah SEO otomatis judul posting atau artikel, sedangkan untuk H2 sama dengan judul dan biasanya ada didalam konten, sedangkan H3 dan seterusnya merupakan sup penjelasan dari H2

LEAVE A REPLY