Beranda Tekno Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam

Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam

15

Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 JamPada artikel kali ini opinikoe.com akan share tutorial Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam, tutorial ini akan dijelaskan dengan sederhana dan mudah dimengerti bagi siapa saja yang membacanya. Buat sobat blogger yang ingin meng copas tutorial ini dipersilahkan dengan syarat tidak merubah bentuk asli konten ini dan memberikan backlink menuju blog ini.

Tutorial ini akan membahas :

  • Cara memilih hosting.
  • Cara install wordpress melalui cpanel.
  • Install plugin-plugin yang dibutuhkan.
  • Aktifkan plugin dan Setting woocommerce.
  • Penghitungan biaya paket pengiriman menggunakan JNE Shipping secara otomatis.
  • Payment Gateway (Doku), sebagai alat transaksi otomatis.
  • Finishing (template, menu, cara masukin product, dll).

Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam

Jualan online telah menjadi tren dalam 2 tahun terakhir ini, mulai dari yang dikelola secara propesional melalui web ecommerce dan secara sederhana melalui jaringan sosial. Kenapa berjualan online menjadi tren saat ini, karena dimudahkan dalam ruang dan waktu (tidak terikat pada satu tempat spt toko pisik) sehingga pembeli dan penjual mudah melakukan transaksi dimana saja, tanpa harus menghabiskan waktu khusus untuk bertemu disuatu tempat. Mari lanjut pada topik utama kita yaitu Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Memilih Web Hosting

Berjualan online tidak jauh beda dengan berjualan ditoko pisik, yaitu sama-sama memilih tempat dimana toko itu berada, yang membedakan toko online lebih fleksibel (tidak terikat ruang dan waktu). Memilih Web Hosting tidaklah mudah, kita harus benar-benar mengetahui track record penyedia jasa Web Hosting tersebut, kita jangan sampai terjebak dengan tawaran harga murah.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih provider hosting :

  1. Bandingkan harga paket dan fitur hosting yang ditawarkan.
  2. Spek hardware yang diberikan dari masing-masing paket yang ditawarkan.
  3. Garansi dan layanan after sale service yang baik dan cepat menanggapi keluhan atau cepat memberikan bantuan jika mengalami kendala.

Dari pengalaman opinikoe.com dalam mencoba layanan dari beberapa provider hosting, ada satu provider yang sangat memenuhi 3 aspek tersebut yaitu niagahoster.co.id dan saat ini opinikoe.com menggunakan 2 jenis layanan paket hosting dari provider tersebut yaitu paket bisnis untuk kebutuhan ecommerce dan personal untuk blog.

Apa kelebihaan niagahoster :

  1. Layanan after sale service yang baik dan cepat dalam menanggapi keluhan pelanggan.
  2. Fitur paket lengkap, dapat free domain, free ssl (SSL sangat diperlukan untuk keamanan bertransaksi online)
  3. Spek hardware yang ditawarkan cukup bagus.

Jika sobat tertarik untuk mengunakan layanan web hosting dari niagahoster silahkan klik link ini, saran opinikoe.com belilah paket diniagahoster di hari sabtu atau minggu karena semua paket yang ditawarkan diskon 50%.

Pemilihan nama domain toko online

Sebuah toko online harus memiliki nama (domain), karena nama atau domain tersebut akan menjadi brand dari sebuah toko online dan juga berfungsi sebagai alamat toko online kita. Bagaimana cara memilih nama atau domain toko online? sebagai berikut :

  1. Nama atau domain unik, simpel, mudah diucapkan, dan mudah dituliskan.
  2. Nama atau domain tidak harus memiliki makna tertentu, seperti zalora.com, atau boleh memiliki arti tertentu seperti toko online menjual baju anak-anak, nama atau domainnya menjadi bajusikecil.com.

Setelah sobat menentukan sebuah nama atau domain toko online, segera lakukan pendaftaran ke provider web hosting, jangan ragu untuk bertanya kepada custumer service penyedia jasa web hosting jika mengalami kendala dalam pendaftaran.

Memilih paket web hosting niagahoster

Info paket web hosting niagahoster bisa di klik di link ini, jika sobat serius dalam membangun bisnis ecommerce, pilihlah paket bisnis agar toko online sobat berjalan dengan lancar dan cepat walau lagi diakses banyak pengunjung disaat yang bersamaan.

2. Cara install WordPress melalui Cpanel

Setelah proses registrasi komplit dan sewa hosting sudah dibawar, penyedia jasa hosting akan mengirimkan email informasi akun web hosting yang sobat sewa, mulai dari info ip, ftp, dan link beserta username dan password untuk masuk ke cpanel. Untuk menginstall wordpress yang instan dan cepat yaitu melalui cpanel, sekarang klik link cpanel yang diberikan provider hosting dan ikuti step berikut :

  • klik link cpanel sobat dan masukan username serta password yang telah diberikan.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Setelah berada didalam cpanel, lansung geser kearah bawah dan cari menu softaculous app installer,  dan pilih wordpress.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Setelah klik worpress, sobat akan dibawa kehalaman installer dan kliklah install.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Setelah klik install, sobat akan dibawa proses setup.
    • Pada bagian protokol pilih https://
    • Pada bagian directory hapus tulisan wpCara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    • Pada site name tulis nama toko online sobat, dicontoh ini saya membuat berjubel opinikoe.com (karena kebetulan berjubel.opinikoe.com menggunakan sub domain dalam membuat demo ini)
    • Pada site description tulislah dengan singkat dan padat tentang toko online sobat, dicontoh ini saya membuat marketplace jual beli online.
    • Pada admin username, tulis nama dr admin wordpress sobat. Saran opinikoe jangan menggunakan nama default yaitu admin, tapi gunakan nama selain admin agar tingkat kemanan situs lebih tinggi.
    • Pada kolom password, buatlah password yang lumayan panjang minimal 10 karakter yang didalamnya terdiri dari kombinasi angka dan huruf misal M3p4t1put1h.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Yang terakhir sobat tinggal klik tombol install, tunggu beberapa detik proses install selesai.
  • Sebagai informasi tambahan untuk mengakses admin dari wordpress yang sobat install, dengan mengetik https://domain-sobat/wp-admin (username dan password adalah yang sobat setting saat proses install).

3. Install Plugin yang dibutuhkan

Untuk membuat sebuah toko online ada beberapa plugin utama harus ada dan plugin pendukung. Plugin apa saja yang kita butuhkan? sebagai berikut :

  1. Plugin Woocommerce, plugin ini berfungsi untuk mengelola toko online kita atau bisa dikatakan core sistem ecommerce.
  2. WooCommerce JNE Shipping, plugin ini befungsi untuk menghitung biaya paket pengiriman otomatis berdasarkan berat dan tujuan pengiriman paket. Plugin berlisensi premium dengan sistem langganan tahunan, dengan biaya langganan 200 – 300 rb / th.
  3. WooCommerce Print Invoice & Delivery Note, plugin ini berfungsi untuk membuat invoice otomatis dari tiap transaksi sukses dilakukan.
  4. MyShortCart Payment Gateway, plugin ini berfungsi untuk mengatur pembayaran otomatif via kartu kredit, tranfer atm, pembayaran via alfamart (plugin ini bisa dipergunakan setelah melalukan verifikasi data terlebih dahulu oleh DOKU).
  5. Regenerate Thumbnails, seperti namanya berguna untuk mengenarate thunbnails.
  6. TinyMCE Advanced, plugin ini cuma menambah fungsi-funsi pada lembar post.
  7. WP Smush, berfungsi untuk mengkompres size gambar yang kita upload.
  8. Contact Form 7. berfungsi untuk form contact.
  9. TML, berfungsi menambah kemanan login.

Cara install plugin

  • Masuk ke mode admin wordpress yang sudah sobat install dengan mengetikan alamat https://domain-sobat/wp-admin, dan masukan username berserta password yang telah kita set saat proses installasi.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Klik menu plugin – add new, selanjutnya  pada kolom search plugin sobat ketikan nama plugin yang kita butuhkan, setelah ketemu klik install, setelah install beres klik return to plugin installer dan ulangin semua proses ini sampai plugin yang kita butuhkan terinstall semua. Khusus plugin MyShortCart Payment Gateway tidak tersedia di wordpress, untuk bisa mendapatkannya akan kita bahas pada payment gateway.
    Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    plugins – add new
    Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    halaman utama install plugin, ketikan nama plugin yang mau kita install pada kolom search plugins

    Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    klik return to plugin installer, untuk melanjutkan menginstall plugin lain yang kita butuhkan.

4. Pengaktifan plugin dan Setting woocommerce

Setelah selesai menginstall semua plugin yang kita butuhkan, sekarang saatnya untuk mengaktifkan plugin tersebut caranya sebagai berikut :

  • Klik plugins – installed plugins, disini kita akan temui semua plugin yang sudah terinstall tadi.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Ceklis semua plugin yamg mau kita aktifkan, khusus plugin woocommerce kita aktifkan terakhir (tidak bersamaan dengan semua plugin yang akan kita aktifkan).Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Geser skrol mouse keatas atau kebawah, klik kolom bulk action dan pilih active, dan klik apply. Maka dengan otomatis semua plugin tersebut akan aktif.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam

Pengaktifkan Plugin Woocommerce dan Penyetingannya

Dengan cara yang sama saat kita mengaktifkan beberapa plugin diatas, sekarang kita mengaktifkan plugin woocommerce, saat proses pengaktifkan woocommerce kita akan dibawa ke mode setup woocommerce, ini merupakan tahap dasar penyetingan woocommerce, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Pada tampilan awal ini, klik let’s go.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Pada halaman page setup klik continue, woocommerce akan mengaktifkan beberapa halaman page di wordpress kita.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Pada store location setup, lakukan penyesuaian dengan kebutuhan sobat. Pada contoh gambar saya menyeting lokasi di Jakarta (pilih lokasi sesuai daerah sobat) dan mata uang rupiah, jika sudah selesai menyeting ini klik contiune.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Pada shipping & tax setup, cukup ceklis pada yes i will be shipping physical dan klik continue.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Pada payment, cukup sobat ceklis bank tranfer dan klik continue.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Pada halaman you store is ready, dan klik no thanks. sampai proses ini kita sudah selesai menyeting woocommerce tahap dasar.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam

    Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    abaikan saja halaman ini, klik dashboad

Penyetingan Woocommerce tahap lanjut

Pada saat kita mengaktifkan plugin woocommerce, kita sudah melakukan penyetingan dasar yang diperlukan. Sekarang ini kita akan melakukan penyetingan tahap lanjut, apa saja penyetingan tahap lanjut? Ikuti langkah-langkah berikut :

  • Klik woocommerce – setting, pada halaman general kita akan melakukan beberapa penyesuain setting sebagai berikut :
    • Selling Location(s) sesuaikan dengan target pasar toko online sobat, jika hanya target pasar hanya indonesia maka rubahlah menjadi indonesia. Pada contoh ini kita akan menyeting target indonesia. Caranya klik kolom sell to all countries, lalu klik sell to specific countries only.
    • Specific Countries ketik indonesia.
    • Default Customer Address pilih no address.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Dari general kita pindah ke shipping dan pilih jne shipping, lalu klik enable. Jne shipping ini merupakan versi demo sehingga data informasi yang dimilikinya hanya jakarta saja. Untuk memperoleh data informasi pengiriman keseluruh indonesia, sobat mesti berlangganan dengan biaya pertahun 200 rb untuk paket full dan 300 rb untuk paket exclusive. Untuk informasi lebih lanjut dan pembelian paket silakahkan klik link ini.

5. JNE Shipping

Kenapa kita memilih JNE sebagai partner dalam pengiriman paket toko online kita kepada custummer? Karena  jangkauan pengirimannya sudah tersebesar diseluruh pelosok indonesia, selain itu memudahkan kita juga sebagai penjual dalam mengirimkan paket karena agan-agen JNE hampir kita temui disetiap kecamatan. Dengan alasan tersebut maka opinikoe.com memutuskan menggunakan plugin JNE Shipping yang dijual oleh agenwebsite.com sebagai contoh dalam tutorial ini.

Plugin JNE Shipping yang kita install melalui plugins installer merupakan versi demo, untuk mendapatkan versi full kita harus berlangganan melalui situs agenwebsite.com. Versi full dibagi dalam 2 jenis paket untuk detail paket dan harga sobat bisa klik link ini.

Jika sobat sudah membeli versi full jne shipping, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menginstallnya:

  • Downloadlah plugin jns shipping melalui akun agenwebsite.com sobat, dalam akun tersebut tersedia juga plugin dan kode lisensi yang didapat setelah verifikasi pembayaran sukses.
  • Upload plugin jne shipping ke toko online sobat melalui plugins – add new – pilih upload plugin. Melalui jendelah upload plugin sobat cari dimana file plugin jns shipping.zip berada, lalu upload file tersebut dan aktifkan.
  • Setelah berhasil diinstall, saatnya kita mengaktifkan dan memasukan kode liseni jnes shipping. Klik woocommerce – setting – jne shipping.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    • Aktifkan jne shipping, dengan menceklik kotak kecil disampingnya.
    • Copas kode lisensi yang sobat dapatkan melalui situs agenwebsite.com, kedalam kotak kode lisensi.
    • Ceklis jenis layanan jne yang akan sobat gunakan, klu disini opinikoe.com cuma menceklis 2 jenis layanan saja, untuk layanan Yes tidak karena belum mampu memaket kirimanan dihari yang sama disetiap order yang didapat.
    • Klik save untuk menyimpan setingan dan mengaktifkan plugin, sekarang toko online sobat sudah bisa menghitung biaya pengiriman secara otomatis. Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam

6. Payment Gateway (Doku)

Apa kunci sukses dalam sebuah toko online? yaitu mudah dalam melakukan transaksi pembayaran, salah satu cara yaitu memamfaatkan Payment Gateway, apa kelebihan menggunakan payment gateway :

  1. Memiliki banyak pilihan pembayaran seperti debit kartu kredit, via atm, atau via alfamart.
  2. Transaksi pembayaran dilakukan secara realtime.
  3. Pembeli dan penjual tidak diribetkan oleh konfirmasi pembayaran, karena dengan menggunakan payment gateway, pembeli dan penjual akan mendapat info dari provider payment gateway bahwa transaksi pembayaran sukses.

Yang perlu diingat menggunakan payment gateway, penjual akan dibebankan biaya transaksi sebesar 4% dari setiap transaksi sukses.

Untuk provider payment gateway, pada tutorial ini opinikoe.com menggunakan DOKU, selain sudah berpengalaman, dan banyak dipergunakan oleh ecommerce besar diindonesia. berikut cara daftar doku :

  • Klik link ini untuk registrasi ke DOKU
  • Isi semua data yang diperlukan.
  • Siapkan scan npwp dan ktp, karena file tersebut diperlukan untuk melengkapi data registrasi.
  • Setelah melengkapi semua data, tunggulah konfirmasi lebih lanjut dari pihak DOKU. Namun sambil menunggu konfirmasi lebih lanjut kita sudah bisa masuk ke dashboard utama kita untuk mendownload plugin payment gateway dan melakukan tes integrasi ke toko online kita, berikut langkah-langkahnya :
    • Contoh halaman dashboar DOKU.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    • Klik website, dan download plugin WordPress Woocommerce 3.5.1.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    • Plugin tersebut upload ke toko online sobat dan aktifkan.
    • Sekarang menyeting DOKU di woocommerce. Klik woocommerce – setting – checkout – myshortcard.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    • Masukan store id dan shared key, yang terdapat di dashboad DOKU. Untuk prefik sobat isi angka sebanyak 4 digit. Jika sudah selesai klik save.
      Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
      doku dashboard

      Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam

    • Sekarang kita kembali kehalaman dashboad doku, website – integrasi website – klik cms – wordpress – klik saya sudah install. Maka sobat akan berada dihalaman setting parameter, copas url to put at myshortcart server ke kolom masing-masing, yang sobat copas cukup veritf url dan notify url, lihat contoh gambar.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam

      Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
      untuk refirect & cancel, sesuaikan dgn url toko online sobat
    • Jika sudah terisi seperti gambar diatas, klik tahap selanjutnya dan sobat dihadapkan dengan halaman uji coba transaksi menggunakan kartu kredi atau wallet dummy. silahkan sobat uji coba jika menemui eror saat transaksi, hubungi pihak DOKU untuk mendapatkan bantuan.

Pada tahap ini toko online sobat sudah terintegrasi payment gateway, tinggal menunggu konfirmasi hasil ferivikasi data yang telah diisikan disaat mendaftar.

7. Finishing (template, menu, cara masukin product)

Pada sesi finishing toko online ini, kita mulai mendandani toko online kita agar kelihatan lebih menarik baik dari segi tampilan maupun menunya dan lain-lain.

a. Template

Untuk template dicontoh ini kita akan menggunakan versi gratis dari woocommerce, untuk bisa mendapatkannya klik woocommerce – add ons, geser kebawah klik donwload & install pada looking for a woocommerce theme dan aktifkan.

b. Menu

  • klik setting – reading. Pada reading setting klik static page – front page diganti menjadi shop, dan klik save.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Klik appearance – menus, dan create menu. Add page kedalam menu struktur dan save.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam

c. Widget

  • Klik appearance – widgets, hapus semua widgets sidebar dan masukan widgets berikut :
    • Woocommerce Card, ceklis dan save.
    • Woocommerce Product Categories, dan save.
    • Woocommerce Filter price, dan save.
    • widgets yang lain bisa sobat tambahkan sesuai kebutuhan.

d. Buat Product Categories

  • Klik Product – Categories, dan sobat tinggal mengisi categories sesuai dgn jenis produk jualan sobat. Jangan lupa klik add new product categories setiap sudah mengisi name dan slug.Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Dengan cara yang sama, sobat bisa menambah banyak kategori sesuai kebutuhan.

e. Memasukan atau menambahkan Product

  • Klik Products – add Product, ikuti step gambar berikut :
    Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    berilaha nama prduk yang dijual, disini kita bisa mengisi deskripsi dan speksifikasi produk yang akan kita jual, dan ceklis produkct categories yang sesuai dengan barang jualan
    Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    pada menu general isilah sku dan harga produk yang dijual
    Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    isilah jumlah stok pada menu iventory
    Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    sangat disarankan agar menimbang semua produk yang akan dijual, agar perhitungan biaya kirim sesuai
    Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    tulis deskripsi singkat produk jualan kita

    Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
    masukan tags sesuai judul barang yang dijual plus categori pruduk, dan masukan gambar yang sesuai spt pada gambar ini

Setelah selesai mengisi semua detail prduk yang akan kita jual, kita tinggal preview untu menyakinkan semua sudah terisi sesuai sebelum di publish, jika sudah sesuai maka tinggal klik publish. Untuk membuat atribut produk seperti warna dan size, baca tutorial Cara Membuat Attributes di Woocommerce.

f. Kemanan Daftar & Login

  • Klik woocommerce – settings – account, ceklis Enable registration on the “My Account” page dan Automatically generate customer password, dan save.
  • Klik TML – General, ikuti setingan gambar berikut :Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Klik TML – Redirection, ikuti setingan gambar berikut :Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam
  • Klik TML – Moderation, ikuti setingan gambar berikut :Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam

Sampai langkah ini selesai sudah Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam, secara umum toko online ini sudah berfungsi dengan baik, tinggal sobat melakukan perubahan dari sisi tampilan template karena memang tampilan pada contoh ini sangat sederhana. Contoh jadi dari tutorial ini bisa sobat lihat di link ini. Jika sobat ingin bertanya lebih lanjut mengenai toko online untuk pengembangan lebih lanjut silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar.

Demikian artikel Cara Membuat Toko Online WordPress dalam 1 Jam, semoga bermamfaat. Jangan lupa follow G+ opinikoe.com.

BERBAGI

15 KOMENTAR

  1. tutorialnya membantu sekali gan…terutama masalah payment gateway dan jne shipping, sehingga calon pembeli di toko online ane jd dimudahkan dalam bertransaksi online spt toko lazada gitu gan….

      • iya. sudah solved gan (y)

        ini di form pemesanan data kota sama kecamatan gk muncul. apa harus langganan dengan agen jasa pengiriman barang ya?

        • iya gan….untuk fitur lengkap jne nya harus berlangganan dulu…klu versi gratis cuma jakarta saja informasinya, dan itu tidak detail..

          • iya gan faniza berpengaruh banget…info pengisian form bertambah sampai tingkat kecamatan, coba saja buka toko online saya bajusikecil.com, lakukan tes buy sbg guest lihat sampai pengisian alamat.

LEAVE A REPLY