Beranda Tekno Cisco Certified Network Associate

Cisco Certified Network Associate

2

Cisco Certified Network Associate

Cisco Certified Network Associate

Cisco Certified Network Associate (CCNA) merupakan sertifikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Cisco yang bertujuan memvalidasi kualitas atau kemampuan dari seorang network administrator. Keuntungan bagi pemegang sertifikat ini adalah bahwa sertifikat ini tidak terbatas hanya pada produk Cisco, atau dengan kata lain seorang pemegang sertifikat CCNA telah dibekali suatu ilmu yang cukup fundamental dalam mengoperasikan dan memecahkan permasalahan jaringan sehingga ilmu tersebut dapat diterapkan juga pada produk-produk vendor lain seperti misalnya Juniper, Huawei, Mikrotik dan sebagainya.

Sertifikasi CCNA dapat diperoleh dengan melewati ujian selama 90 menit. Ujian CCNA ini tidak memiliki prasyarat ujian yang harus diikuti terlebih dahulu, meskipun Cisco dan perusahaan lainnya biasanya menawarkan berbagai kursus pelatihan formal untuk membantu siswa mempersiapkan diri. Topik yang dibahas pada ujian CCNA meliputi antara lain:

  • LAN dan desain WAN (termasuk model OSI)
  • IP addressing
  • Protokol router dan routing (termasuk OSPF, EIGRP dan RIP)
  • VLAN (virtual LAN) dan WLAN (LAN nirkabel)

Disini opinikoe.com ingin berbagi modul materi pra persiapan CCNA untuk sobat ingin belajar secara mandiri untuk keperluan CCNA tanpa melalui lembaga pendidikan atau khursus. Inin bisa sobat lakukan jika sudah memahami 4 point diatas secara aplikasi lapangannya, kalau belum saran opinikoe.com lebih baik mengikuti kelas CCNA.

File untuk belajar mandiri pra CCNA opinikoe.com bagi atas bagian sebagai berikut :

2. Paket Tracer & Study Kasus

3. Software Simulasi Soal CCNA

Selain CCNA masih ada jenis sertifikasi lain yang dimiliki Cisco seperti :

1. CCENT (Cisco Certified Entry Networking Technician)

CCENT merupakan sertifikasi tingkatan paling awal. Dalam sertifkasi ini diharapakan sang kandidat memiliki kemampuan untuk memasang, mengoperasi dan menyelesaikan permasalahan untuk jaringan enterprise berskala kecil. Secara garis besar, kurikulum yang ditawarkan meliputi dasar-dasar networking, teknologi WAN, dasar keamanan jaringan, routing dan switching dan konfigurasi jaringan enterprise berskala kecil. Syarat yang diperlukan dalam memperoleh sertifikat CCENT adalah lolos ujian 640-822 Interconnecting Cisco Networking Device Part 1 (ICND1).

2. CCDA (Cisco Certified Design Associate)

CCDA merupakan sertifikat tingkat fondasi dalam sertifikat perancangan jaringan. Seorang kandidat yang telah lulus CCDA diharapkan memiliki kemampuan untuk mendesain infrastruktur jaringan seperti LAN, WAN, dan broadband access untuk kebutuhan bisnis dan organisasi. Untuk informasi lebih detail mengenai kurikulum yang ditawarkan dalam sertifikat CCDA dapat Anda akses pada link yang telah disediakan. Syarat yang diperlukan dalam memperoleh sertifikat CCDA adalah lolos ujian 640-863 Designing for Cisco Internetwork Solutions. Pihak Cisco menganjurkan bagi kandidat yang hendak mengambil sertifikat CCDA harus telah memiliki pengetahuan jaringan yang setara dengan pemegang sertifikat CCNA dan juga pengetahuan lainnya di bidang BCMSN (Building Converged Cisco Multilayer Switched Networks).

3. CCNA Security

Bagi mereka yang ingin berkonsentrasi pada bidang sekuriti jaringan, CCNA Security merupakan pilihan yang tepat. Bagi kandidat yang telah lulus CCNA Security, mereka telah memiliki keahlian-keahlian dalam mengembangkan infrastruktur keamanan jaringan, mampu mengenal ancaman dan kelemahan dalam jaringan, dan mampu mengurangi tingkat bahaya keamanan jaringan. Dalam kurikulum CCNA Security menekankan pada teknologi core security, keamanan network devices Cisco, implementasi AAA, Cisco IOS firewall, Cisco IOS IPS, dan VPN dan macam-macam teknologi sekuriti lainnya. Syarat yang diperlukan dalam memperoleh sertifikat CCNA Security adalah memiliki sertifikat CCNA yang masih valid dan lolos ujian 640-553 Implementing Cisco IOS Network Security.

4. CCNA Voice

Sertifikat CCNA Voice bertujuan memvalidasi kemampuan seorang network administrator dalam menangani jaringan voice. Seorang pemegang sertifikat CCNA Voice telah mampu mendemonstrasikan keahlian-keahlian dalam melakukan instalasi, pengoperasian, dan perawatan pada jaringan Cisco VoIP. Kurikulum yang ditawarkan pada CCNA Voice meliputi teknologi VoIP seperti IP PBX, IP telephony, call control dan voicemail dan teknologi PSTN. Syarat yang diperlukan dalam memperoleh sertifikat CCNA Voice adalah memiliki sertifikat CCNA yang masih valid dan lolos ujian 640-460 Implementing Cisco IOS Unified Communications.

Demikian sharing opinikoe.com semoga bermamfaat, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar dibawah untuk slow respon atau follow G + opinikoe.com untuk fast respon.

sumber informasi


http://www.cisco.com

BERBAGI

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY