E-Waste City Guiyu

E-Waste City Guiyu

Pernahkah sobat membuang sampah elektronik? seperti komputer, tv , handphone, pernahkah terpikir oleh sobat kemana dibuangnya? Jawabannya yaitu kota Guiyu, merupakan kota kecil yang terletak di negara Republik Rakyat China. Semua jenis limbah elektronik dari seluruh dunia seperti CPU, Laptop, Ponsel, dan lain-lain dibuang ke kota ini.

Guiyu terkenal dengan sebutan e-Waste City atau kota pembuangan elektronik yang mungkin terbesar di dunia. Kota Geiyu sendiri pertama kali tereksploitasi pada tahun 2001 oleh Basel Action Network (dari Wikipedia) yang mendokumentasikan kota ini. Mulai menerima sampah elektronik sekitar tahun 1995 dan setidaknya ada 150.000 pekerja di kota ini.Masalah yang timbul bukan saja masalah polusi karena sebagian besar barang tidak bisa terurai (dimusnakan) begitu saja tetapi juga kesehatan para pekerja yang ada karena “bermain” dengan suku cadang bekas.

Kadar timbal dikota ini relatif tinggi, menurut survey, dari 165 anak di Guiyu, 80% dari mereka memiliki kadar timbal yang sangat tinggi dalam darah mereka sekitar 149, meningat kadar timbal yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan IQ anak.

Rata – rata penduduk Guiyu hidup dengan mendaur ulang kabel, telepon, laptop, keyboard, CPU, monitor, mouse, dan perangkat elektronik lainnya, dan mereka mengambil komponen – komponen yang berharga, seperti misalnya besi, plastic, dan lain sebagainya (terkadang emas). Dalam memisahkan komponennya, penduduk Guiyu juga menggunakan cara – cara yang “klasik”, suatu cara yang dapat membahayakan hidup mereka sendiri.

Foto-Foto E-Waste City Guiyu

E-Waste City Guiyu
E-Waste City Guiyu
E-Waste City Guiyu
E-Waste City Guiyu
E-Waste City Guiyu

37 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *