Beranda History Misteri Peradaban Dunia

Misteri Peradaban Dunia

20

Misteri Peradaban DuniaMisteri Peradaban Dunia

masih terus menjadi perbincangan hangat para ahli sejarah, netizen, dan masyarakat. opinikoe.com telah merangkum beberapa benda-benda dan tempat-tempat yang masih menjadi Misteri Peradaban Dunia sebagai berikut :

1. Piri Reis Map

Misteri Peradaban Dunia

Peta Piri Reis adalah peta dunia pra-modern yg terkenal yang dibuat oleh laksamana Turki Abad ke-16 dan pembuat peta Piri Reis. Peta tersebut menunjukkan sebagian dari pantai barat Eropa dan Afrika Utara dgn cukup akurat, dan pantai Brasil juga dengan mudah dikenali. Berbagai pulau-pulau di Atlantik termasuk pulau Azores dan Kepulauan Canary digambarkan, seperti pulau mitos Antillia. Peta tsb patut diperhatikan atas gambarannya didaratan bagian selatan sehingga ada yg mengklaim dengan kontroversial bahwa ini adalah bukti kesadaran awal dari keberadaan Antartika. Beberapa ahli mengklaim bahwa peta ini dan peta lainnya mendukung teori eksplorasi global yg dilakukan oleh sebuah peradaban pra-klasik yg belum ditemukan.

2. Angel Hair

Misteri Peradaban Dunia

Angel hair/bulu malaikat merupakan fenomena langka yang sejauh ini tak bisa dijelaskan. Angel hair seperti benang sutra yang jatuh ke bumi, tetapi jika anda mendekat utk menyentuhnya dan akan hampir pasti lenyap di depan mata Anda. Ini adalah fenomena yg terdapat diseluruh dunia dengan kejadian yang paling sering di Amerika Utara, Selandia Baru, Australia, dan Eropa Barat. Tidak ada yang mengetahui apa yang menyebabkan fenomena ini, atau bahkan terbuat dari apa. Banyak yg berspekulasi Angel hair berasal dari Laba-laba atau jenis serangga lain yang memintal sutra, dan bahkan dari UFO yg sering dikaitkan dengan penampakan UFO. Karena sifatnya yang sensitif, sangat sulit untuk menemukan dan menganalisanya, apalagi terhadap pencemaran asap knalpot mobil, dan bahkan kontak manusia, yang dapat merubah unsur kimianya.

3. Ark of The Covenant

Misteri Peradaban Dunia

Ark/Tabut dianggap harta karun terbesar dari semua harta karun dan penemuannya akan memberikan kita kebenaran yg tak terbantahkan bahwa Perjanjian Lama adalah sebuah fakta. Penemuannya tetap menjadi tujuan dari setiap arkeolog modern dan petualang. Fungsi tabut tersebut adalah sebagai wadah untuk sepuluh perintah yg dituliskan pada papan batu oleh Tuhan kepada Musa di Gunung Sinai. Menurut buku Exodus, Tabut tsb terbuat dari kayu Sitim (mirip dengan akasia) dan berlapis emas luar dan dalam. Diatasnya terdapat patung dua malaikat yang juga terbuat dari emas. Tabut tsb diyakini memiliki kekuatan gaib dikarenakan beberapa peristiwa, termasuk menyebabkan kematian seseorang yg berusaha utk menyeimbangkan tabut tsb ketika lembu yg mengangkutnya tersandung, menjatuhkan tembok Yerikho dalam satu pertempuran, dan membawa kemalangan bagi warga Filistin setelah mereka merebut tabut tsb. Ada beberapa perkiraan dimana tempat terakhir tabut tsb berada, meski memerlukan seseorang yg beruntung untuk menemukannya, juga akan membutuhkan orang yg berani atau bahkan nekat untuk membukanya!

4. Out-of-Place Metal Objects

Misteri Peradaban Dunia

Manusia bahkan belum ada 65 juta tahun yg lalu, apalagi orang-orang yg bisa membuat logam. Jadi bagaimana ilmu pengetahuan menjelaskan tabung logam semi-bulat digali dari batu Kapur berusia 65 juta-tahun di Prancis? Pada tahun 1885, sebuah bongkahan batubara pecah dan ditemukan sebuah logam berbentuk kubus yg jelas dibuat oleh tangan yg cerdas. Pada tahun 1912, karyawan di sebuah pabrik listrik memecahkan sebuah bongkahan besar batubara dan kemudian sebuah panci besi jatuh dari dalamnya! Sebuah paku ditemukan tertanam dlm sebuah bongkahan batu pasir dari Era Mesozoic. Dan masih banyak lagi, anomali/keanehan seperti diatas.

5. Impossible Fossils

Misteri Peradaban Dunia

Fosil, seperti yang kita pelajari di sekolah dasar, muncul dalam batuan yang terbentuk ribuan tahun yg lalu. Namun ada sejumlah fosil yg tidak masuk akal baik secara geologi maupun sejarah. Sebuah fosil jejak tangan manusia misalnya, ditemukan di batu kapur yg diperkirakan berumur 110 juta tahun. Sebuah fosil jari manusia yg ditemukan di Kutub Utara Kanada juga berumur 100-110 juta tahun. Dan terdapat fosil jejak kaki manusia, kemungkinan memakai sandal, ditemukan dekat Delta, Utah dalam endapan serpih diperkirakan berumur 300 jt – 600 jt tahun.

6. Oera Linda Book

Misteri Peradaban Dunia

Buku Oera Linda adalah naskah Frisian yg kontroversial mencakup tema sejarah, mitologi, dan religius yg pertama kali muncul di abad ke-19. Tema didalam Buku Oera Linda termasuk katastrofisme, nasionalisme, matrilineal, dan mitologi. Buku tsb menyatakan bahwa Eropa dan daratan lainnya, dalam sejarah mereka, diperintah oleh serangkaian ibu rakyat yg terpimpin dalam hirarkisme pendeta-pendeta perempuan (perawan) yg mempersembahkan diri untuk dewi Frya, putri dari dewa tertinggi Wr-Alda dan Irtha,sang ibu bumi. Dan menyatakan bahwa peradaban Frisian tsb menguasai alfabet yang merupakan leluhur dari abjad Yunani dan Fenisia. Naskah tsb bertanggalkan tahun 1256. Diklaim bahwa buku tsb adalah salinan dari naskah yg lebih tua, dan jika asli, ditulis oleh orang-orang diantara tahun 2194 SM – 803 M.

7. Giant Stone Balls of Costa Rica

Misteri Peradaban Dunia

Para pekerja mencangkul dan membakar melalui lebatnya hutan Kosta Rika guna membersihkan area untuk perkebunan pisang di tahun 1930-an terhambat oleh beberapa obyek yang luar biasa: puluhan bola batu, kebanyakan bola tsb bahkan bulat sempurna. Ukuran mereka bervariasi dari yang kecil seperti bola tenis sampai yang berdiameter 8 kaki (2,4 m) dengan berat 16 ton! Meskipun bola batu besar tsb jelas buatan manusia, tidak diketahui siapa yang membuat dan untuk tujuan apa, dan yang paling membingungkan, bagaimana mereka mencapai presisi lingkaran bola tersebut (bulat sempurna).

8. The Ica Stones

Misteri Peradaban Dunia

Pada awal tahun 1930-an, ayah dari Dr Javier Cabrera, Antropolog Kebudayaan Ica, Peru, menemukan ratusan batu utk uacara pemakaman di makam suku Inca kuno. Dr Cabrera, melanjutkan pekerjaan ayahnya, telah mengumpulkan lebih dari 1.100 batu andesit tsb, yang diperkirakan berumur 500-1.500 tahun dan telah dikenal luas sebagai Ica Stones. Batu-batu tsb berukiran, kebanyakan bergambar/bergrafis seksual (yang umum bagi kebudayaan), patung berhala dan yang lain menggambarkan praktek-praktek kedokteran seperti operasi jantung dan transplantasi otak. Ukiran yang paling menakjubkan, bagaimanapun, jelas menggambarkan dinosaurus seperti Brontosaurus, Triceratops (lihat foto), Stegosaurus dan Pterosaurus. Walaupun ada yg beranggapan Ica Stones hoax/tipuan, keasliannya belum tersangkalkan atau terbukti hingga saat ini.

9. The Dropa Stones

Misteri Peradaban Dunia

Pada tahun 1938, sebuah ekspedisi arkeologi dipimpin oleh Dr Chi Pu Tei ke pegunungan Baian-Kara-Ula, China membuat penemuan yang mengejutkan di beberapa gua yang tampaknya telah dihuni oleh beberapa kebudayaan kuno. Terkubur oleh zaman di lantai gua terdapat ratusan piringan batu(disk stones). Berdiameter sekitar sembilan inci, masing-masing memiliki lingkaran ditengah dan terukir dengan alur spiral, terlihat oleh seluruh dunia seperti piringan hitam kuno(piringan musik) berumur 10.000-12.000 tahun. Alur spiral tsb, ternyata, terdiri dari huruf hieroglif kecil yang menceritakan kisah yang menakjubkan tentang pesawat ruang angkasa dari dunia yg jauh yang jatuh di pegunungan tsb. Pesawat luar angkasa tsb dikemudikan oleh orang-orang yang menyebut diri mereka Dropa, dan sisa keturunan mereka, mungkin, ditemukan di gua tsb.

10. The Grooved Spheres

Misteri Peradaban Dunia

Selama beberapa dekade terakhir, penambang di Afrika Selatan telah menggali bola2 logam misterius. Asalnya tidak diketahui, bola2 ini berdiameter sekitar satu inci atau lebih, dan ada beberapa yang terukir dgn 3 alur paralel disepanjang diameter bola. Dua jenis bola telah ditemukan: yg satu terdiri dari logam padat kebiruan dgn bintik2 putih, yg lain terdapat cekungan dan berisi zat putih kenyal. Hebatnya adalah bahwa batu dimana bola2 tsb ditemukan ini berasal dari era Prakambrium – dan berumur 2,8 miliar tahun! Siapa yg membuat bola-bola tsb dan untuk apa tujuannya tidak diketahui hingga kini.

11. Anticythère Mechanics (Yunani)

Misteri Peradaban Dunia

Lima puluh tahun kemudian oleh para ilmuwan arkeolog dan para peneliti lainnya, benda tersebut dicoba untuk dilihat dengan sinar-X. Digunakannya sinar-x adalah opsi terbaik agar artifak tersebut tidak rusak tersentuh, terlubangi atau patah.Tahun 1900 ditemukan sebuah logam yang membatu yang berusia sekitar 2000 tahun disebuah kapal karam di pulau Antikythera Yunani.

Misteri Peradaban Dunia

Lalu dengan sinar-x pula maka logam dan benda padat lainnya dapat ditembus dan terlihat. Hasil scan oleh sinar-x oleh para ilmuwan menemukan dan menunjukkan bahwa ternyata benda tersebut didalamnya merupakan sebuah alat mekanik! Di dalamnya terdapat gir-gir ukuran kecil yang beroda gigi dan saling berputar satu dengan yang lain.Cara atau sistim ini tidak jauh berbeda mirip seperti mekanika di dalam jam tangan dimasa kini.

Misteri Peradaban DuniaPenemuan ini membuat para ahli arkeologi kebingunan, karena pada saat itu bangsa Yunani tidak akan mungkin membuat benda mekanik serumit itu. Hingga kini masih terjadi perdebatan diantara peneliti-peneliti tersebut tentang teknologi benda misterius ini. (video)

12. Lampu Pijar dan Battery Baghdad (Irak)

Misteri Peradaban Dunia

Keberadaan mekanik pada jaman prasejarah juga bisa ditemui di kompleks kuil Dendera di Mesir. Pada ruang bawah kuil tersebut terdapat pahatan dinding, yaitu dua buah benda yang menyerupai atau mirip bola lampu pijar. Dari gambar di dinding tersebut lalu menimbulkan pertanyaan atau hal ini kemudian dikaitkan dengan pertanyaan, bagaimana ruang bawah yang gelap gulita dan panas itu mendapatkan cahaya?

Misteri Peradaban Dunia

Beberapa teori mengatakan bahwa, ruang-ruang dalam kuil tersebut menggunakan cahaya matahari yang dipantulkan dari luar berulang kali oleh cermin-cermin didalam kuil. Namun teori ini dapat terbantahkan, karena sinar matahari yang dipantulkan oleh tembok semakin lama akan semakin lemah sehingga tak bisa menerangi semua ruangan di dalam kuil tersebut. Ada juga yang mengatakan menggunakan api / obor tapi tidak ada di satu ruangpun ditemukan bahan untuk membuat api, dan tidak akan cukup oksigen yang didapatkan untuk membuat obor.

Misteri Peradaban Dunia

Jadi, satu-satunya cara untuk menerangi ruangan dalam kuil adalah dengan bola lampu..! Pertanyaannya sekarang, jika benar mereka menggunakan lampu, bagaimana mereka mendapatkan aliran listrik? Bahkan listriknya saja baru ditemukan ribuan tahun setelahnya.

Satu penemuan yang mungkin dapat mendukung keberadaan bola lampu jaman prasejarah adalah penemuan “baterai bagdad” yang telah di uji mampu menghasilkan listrik dengan menuangkan perasan jeruk kedalam gucinya. (video)

13. Stonehenge

Misteri Peradaban Dunia

Stonehenge merupakan monumen prasejarah yang terletak di Wiltshire, Inggris, ini dibangun antara 3000 SM dan 2000 SM, dan telah mengalami beberapa tahap modifikasi selama 5.000 tahun terakhir. Salah satu situs megalitik paling terkenal di dunia ini menampilkan lingkaran konsentris yang terbentuk dari susunan batu yang ada di sekitarnya. Bangunan tersebut menimbulkan banyak pertanyaan tentang bagaimana bangunan tersebut di didirikan. Di banguna tersebut juga ditemukan kremasi yang ramia dikunjungi pada musim panas.

14. Gebekli tepe

Misteri Peradaban Dunia
Gebekli tepe adalah  bngaunan atau situs Neolitik yang terletak di tenggara Anatolia, Turki, timur laut kota Urfa. Ini termasuk batuan raksasa yang diukir sekitar 11.000 tahun yang lalu oleh peradaban yang belum mengenal alat logam atau bahkan tembikar. Gobekli Tepe memiliki ketinggian sekitar 15 meter, dan diameter 300 meter. Dalam bangunan ini, batu-batu besar disusun melingkar. Setiap pilar terdiri dari dua batu yang berbentuk T. Biasanya, enam pilar yang dihubungkan dengan dinding yang lebih pendek ditaruh di sekeliling lingkaran, sementara dua pilar sisanya ditaruh di tengah. Pilar tertinggi menjulang setinggi 4,8 meter dan lingkaran terbesar memiliki diameter 19 meter.

15. Pulau paskah

Misteri Peradaban Dunia
Mungkin anda sering mendengar atau bahkan pernah perkunjung ke pulau paskah. Iya dipulau ini terdapat misterius yang belum terungkapkan yaitu Moai. Moai adalah bangunan berbentuk manusia dimana kepalanya berukuran tiga kali lebih besar dari  ukuran tubuhnya. Moai diperkirankan di bangun 1250 oleh suku Rapa Nui.

16. Piramida

Misteri Peradaban Dunia
Siapa yang tidak tahu piramida yang ada dimesir. Piramida adalah ikon dari negara mesir, piramida telah dibangun ribuan tahun yang lalu oleh kerajaan yang dipimpin oleh raja Fir’aun. Pira mita sendiri di bangun menggunakan 2.300.000 blok batu yang rata-rata memiliki berat 2-30 ton. Piramida sejatinya adalah tempat pemakaman para raja Fir’aun dijaman dahulu, namun banyak misteri yang belum terungkap tentang piramida-piramida tersebut.

17. Teotihuacan

Misteri Peradaban Dunia
Teotihuacan adalah kota yang terletak di 48 km di timur laut kota Meksiko. Teotihuacan pernah menjadi kota  terbesar di dunia pada sekitar tahun 1400. Kota ini ditemukan oleh suku Aztec yang kemudian dinamakan Teotihuacan, yang artinya tempat dimana para dewa diciptakan. Tak banyak tentang sejarah yang menyebutkan kota Teotihuacan ini. Piramida matahari merupakan bangunan terbesar di Teotihuacan.

18. Garis Nazca

Misteri Peradaban Dunia
Garis Nazca merupakan garis atau gambar-gambar raksasa sepanjang 201 meter, terletak dikota Ica yaitu 321 KM selatan dari Lima, Ibukota Peru. Tak ada yang tahu alasan mengapa gambar-gambar raksaa tersebut dibuat hingga saat ini. Namun ada teori terbaru yang menjelaskan bahwa gambar tersebut adalah sebuah labirin yang dibuat untuk perjalanan spiritual.

19. Mumi Tarim

Misteri Peradaban Dunia

Sepanjang penggalian wilayah cekungan Tarim di bagian barat Cina, para arkeolog terkejut ketika menemukan lebih dari 100 pasukan yang diawetkan menjadi mumi. Hasil galian mumi ini diperkirakan berusia lebih dari 2.000 tahun sekaligus menjadi misteri bagi para peneliti.

Profesor bernama Victor Mair sangat kaget saat melihat tulang belulang tersebut ternyata memiliki rambut pirang dan berhidung mancung setelah mumi tersebut diangkat dan ditampilkan di museum. Pada 1993, Mair mengumpulkan sampel DNA dari setiap mumi untuk diuji. Hasil tes mengungkap bahwa jasad tersebut ternyata memiliki gen yang berasal dari Eropa. Meski teks Cina kuno dari sekitar millenium pertama sebelum masehi menjelaskan keberadaan sekelompok penduduk yang merupakan masyarakat Kaukasia, tidak ada yang menjelaskan bagaimana atau mengapa jasad mereka ditemukan di wilayah tersebut.

20. Rongorongo

Misteri Peradaban Dunia

Rongorongo merupakan naskah hieroglif yang belum mampu diterjemahkan hingga kini. Naskah ini berasal dari easter island, atau pulau paskah, dan diperkirakan ditinggalkan oleh nenek moyang penghuni wilayah setempat. Teks ini muncul secara misterius pada tahun 1700-an, padahal pulau tersebut dikelilingi samudera dan belum ada bahasa tertulis yang digunakan di wilayah tetangga mereka. Harapan untuk menerjemahkan arti dari teks ini musnah akibat pemusnahan penduduk lokal oleh kolonisasi Eropa yang dianggap menganut aliran pagan.

Teks ini ditulis pada objek kayu dimana terdapat 2 hingga 2320 simbol. Papan rongorongo dibuat dengan bentuk yang artistik dan memiliki fungsi seolah ornamen giok di Selandia Baru. Diperkirakan masih terdapat papan rongorongo lainnya yang masih tersimpan dan diperkirakan mengandung kelanjutan dari teks yang kini ada.

21. Hilangnya Peradaban Lembah Indus di India

Misteri Peradaban Dunia

Dengan wilayah yang merentang dari barat India hingga Afghanistan dan populasi mencapai 5 juta jiwa, peradaban lembah Indus merupakan merupakan peradaban mengagumkan dengan sistem pengairan canggih sejak zaman perunggu. Peradaban ini dikenal sebagai peradaban tertua yang pernah terungkap di India. Belum diketahui bagaimana peradaban ini runtuh dan seolah mengungkap misteri serupa dengan hilangnya peradaban Maya.

Pada 1922, penggalian di bekas pemukiman peradaban lembah sungai Indus mengungkap metode yang canggih dan higienis pada sistem pengairan dan saluran pembuangan. Anehnya, tidak ada bukti arkeologis tentang perang, wabah, konflik sosial, atau indikasi penyebab hilangnya peradaban kuno ini. Bahkan hingga akhir keberadaannya, mereka menjaga sejarah peradaban tetap bersih.

22. Runtuhnya Kerajaan Minoan di Yunani

Misteri Peradaban Dunia

Ahli sejarah masih berdebat tentang apa penyebab runtuhnya kerajaan Minoan. Sekitar tiga setengah milenium yang lalu, kehidupan di pulau Kreta diperkirakan terganggu akibat erupsi vulkanik dari pulau Thera yang terletak di dekatnya. Namun papan tanah liat terpendam yang ditemukan para arkeolog mengungkap bahwa kerajaan Minoan masih berjalan hingga 50 tahun berikutnya. Teori tentang apa yang sebenarnya terjadi pada mereka masih terus dikaji. Terdapat skenario dimana wilayah tersebut diselimuti abu vulkanik sehingga gagal panen, atau terjadi kemunduran masyarakat.

Peradaban ini diperkirakan berlangsung sekitar 2700 hingga 1450 sebelum masehi. Keberadaannya terungkap pada awal abad ke 20 oleh arkeolog Arthur Evans. Penduduk asli wilayah ini diperkirakan menghuni pulau Kreta sekitar 128.000 sebelum masehi, namun terdapat jejak kehidupan baru muncul pada 5000 tahun sebelum masehi. Jejak ini mengungkap adanya sistem pertanian sebagai tanda dimulainya peradaban. Budaya Minoan diperkirakan terbentuk pada sekitar abad ke 27 sebelum masehi.

23. Hilangnya Jejak Sekelompok Pasukan Romawi

Misteri Peradaban Dunia

Setelah pasukan Persia dikalahkan pasukan Romawi yang dipimpin Jenderal Crassus, muncul legenda bahwa sekelompok pasukan Romawi mereka terjebak di padang pasir dan tertangkap oleh pasukan militer Han. Sejarawan Cina di abad pertama, Ban Gu, menulis tentang pertarungan melawan pasukan asing dengan ciri khas formasi seperti pasukan Romawi. Sejarawan Oxford yang membandingkan catatan tersebut menyatakan bahwa pasukan romawi yang hilang tersebut ditemukan di kota kecil dekat gurun Gobi bernama Liqian. Tes DNA kini masih dikaji untuk menjawab klaim ini sekaligus diharapkan mampu menjelaskan penyebab mengapa beberapa penduduk mereka bermata hijau, berambut pirang, dan senang mengadu banteng.

24. Kota Helike

Misteri Peradaban Dunia

Penulis Yunani bernama Pausanias menjelaskan betapa dahsyatnya gempa bumi yang mengguncang kota Helike. Beberapa saat kemudian, terjadi kembali tsunami yang menyapu bersih sisa dari reruntuhan kota metropolis tersebut, yang merupakan pusat penyembahan kepada Poseidon si Dewa Laut. Belum ada jejak dari legenda masyarakat ini yang muncul diluar wilayah Yunani kuno hingga pada 1861 saat para arkeolog menemukan koin perunggu yang diyakini terukir kepala Poseidon. Pada 2001, sekelompok arkeolog menemukan reruntuhan Helike terkubur bersama lumpur dan kerikil. Mereka kini sedang menggali lokasi yang sering dianggap sebagai Atlantis sebenarnya.

Dari semua misteri peradaban dunia diatas, baik yang belum terungkap ataupun yang sudah terungkap NYATA telah menunjukkan bahwa peradaban manusia pada ratusan, ribuan bahkan mungkin jutaan tahun yang lalu telah maju, jauh dari yang selama ini banyak dipikirkan oleh kita semua. Bagaimana menurut sobat opinikoe.com..???

Demikian artikel Misteri Peradaban Dunia. Jangan lupa follow G+ opinikoe.com

sumber informasi

http://www.bglconline.com/2014/08/7-misteri-peradaban-belum-terungkap/

10 Benda Purba Yang Belum Terungkap dan Tetap Misteri


http://beritatrendz.blogspot.co.id/2015/01/tempat-misterius-di-dunia.html
https://indocropcircles.wordpress.com/penemuan-misterius/

BERBAGI

20 KOMENTAR

LEAVE A REPLY