Beranda Serba Serbi Mitos Kucing Hitam

Mitos Kucing Hitam

16

Mitos Kucing Hitam

Selama ini kucing hitam identik dengan nasib sial. Banyak yang percaya bahwa ketika bertemu dengan kucing hitam di jalan, mereka akan segera mengalami kesialan.

Kepercayaan tentang kucing hitam ini ternyata sudah bermula dari sejarah Babylonia kuno. Pada masa itu, kucing hitam dipersembahkan dalam upacara ritual untuk dibakar bersama sesaji lainnya. Mitos ini timbul karena ada seekor kucing hitam yang tidur di tengah-tengah seekor ular dengan pulasnya, padahal saat itu ular merupakan lambang dari kejahatan. Jadi pemahaman ini terus berkembang di berbagai negara, hingga abad pertengahan.Akhirnya tiap daerah pun memiliki mitos sendiri tentang kucing hitam.

Mitos Kucing Hitam

Indonesia

Merupakan negara pemilik mitos kucing terbanyak dibandingkan negara-negara lain dan tidak hanya berwarna hitam saja sebagai berikut :

  • Bila ada kucing yang melintasi jalan kita dengan ciri berbulu hitam total bermakna segala usaha dan urusan anda akan sia-sia.
  • Bila ada dalam perjalan menabrak kucing hingga mati, bermakna akan ada peristiwa yang menimpa kita dalam belalu lintas. Tetapi bila kucing tersebut dikuburkan oleh kita maka kita akan selamat.
  • Bila kita menabrak kucing sampai terluka, bermakna dalam waktu dekat penabrak akan terserang penyakit berat, terkecuali kucing itu diobati.
  • Bila kucing melompati jenazah, bermakna jika itu terjadi maka akan membangunkan si jenazah dan bila jenazah memeluk orang yang ada disekitarnya maka akan sulit untuk dilepaskan.
  • Bila memukul kucing sampai terluka, bermakna bila tidak segera diobati maka rezeki keluarga orang yang melukai kucing tersebut akan berkurang selama dua bulan berturut-turut.
  • Bila kucing menjilati kaki majikan, bermakna salah satu dari anggota keluarga akan mendapat rezeki dalam waktu tidak lebih dari 1 bulan, bila hal itu bukan kebiasaan si kucing menjilati kaki majikannya.
  • Disarankan untuk mandi keramas dengan tujuh macam bunga sebelum lewat 6 jam bila memukul kucing sampai mati, bermakna sebagai ritual untuk menangkal kesialan selama 3 bulan berturut-turut.
  • Disarankan menaburkan garam pada anus kucing ketika kucing yang kita pelihaaran terlihat sedang sibuk menjilati anusnya sendiri yang dilakukan berulang-ulang. Bermakna sebagai penangkal agar penyakit yang akan datang pada salah satu anggota keluarga tidak timbul.
  • Didalam perjalanan mendapati kucing ingin menyeberang tapi kemudian membatalkan diri dengan kembali ketempat semula. Bermakna segala urusan yang sedang digarap tidak akan terselesaikan.
  • Disarankan memelihara kucing berbulu hitam yang dikeningnya terdapat beberapa lembar bulu putih, bermakna akan membawa pengaruh baik dalam mencari nafkah.
  • Disarankan untuk menyimpan atau mengantungi bulu kucing yang sudah dikeringkan, bermakna untuk ajimat dalam berjudi
  • Ditemukan kucing peliharaan beranak tujuh, bermakna bahwa pemilik rumah akan kaya.
  • Ditemukan kucing peliharaan beranak sembilan, bermakna bahwa pemilik rumah akan selamat dunia akhirat dan akan kaya raya.
  • Suatu ketika datang kucing tak bertuan dan betah tinggal dirumah, bermakna pemilik rumah akan mengalami nasib mujur.
  • Suatu ketika kucing peliharaan beranak kucing belang empat, bermakna pemilik rumah akan selamat sejahtera.
  • Suatu ketika kucing peliharaan beranak kucing belang tiga, bermakna pemilik rumah akan dapat rejeki dalam waktu dekat.

Jerman

Di negara ini, ada kepercayaan bahwa apabila ada seekor kucing hitam yang lompat ke atas tempat tidur seseorang yang sedang sakit, maka kematian akan datang pada orang tersebut.

Normandia

Orang-orang Normandia percaya bahwa, apabila dalam perjalanan, seseorang melihat seekor kucing hitam sedang menyebrang di tengah bulan purnama, maka orang tersebut akan terserang wabah penyakit. Ada yang pernah bertemu kucing hitam saat sedang muncul bulan purnama?

Finlandia

Mitos di negara ini lebih ekstrem lagi. Masyarakat di sana percaya bahwa kucing hitam adalah makhluk yang membawa jiwa manusia ke alam baka.

China

Senada dengan negara-negara lain, kemunculan kucing hitam dipercaya warga China sebagai kesialan. Mereka percaya bahwa kemunculannya merupakan pertanda bahwa mereka akan terkena penyakit atau akan jatuh miskin.

India

Di India, dipercaya bahwa jiwa yang bereinkarnasi, dapat dibebaskan dengan cara melempar kucing hitam ke dalam api.

Belgia

Di sana dipercaya bahwa ada seorang wanita yang dapat mengubah jiwa manusia menjadi seekor kucing hitam. Tak hanya itu saja, setiap kucing hitam yang disakiti, berarti akan menyakiti wanita itu juga.

Celts

Entah bagaimana ceritanya, yang jelas di daerah yang satu ini dipercaya bahwa kucing hitam dapat memprediksi masa depan. Tampaknya, kurang lebih sama seperti di daerah lain, kucing hitam di Celts dipercaya akan membawa kematian atau kesialan bagi mereka.

Druids

Di masa Inggris kuno, dipercaya bahwa kucing merupakan jelmaan seseorang yang berbuat jahat di masa lalunya. Orang tersebut kemudian dihukum menjadi seekor kucing hitam. Mungkin ini adalah awal bagaimana kucing hitam dihubung-hubungkan dengan Halloween, hantu dan para penyihir.

Apakah sobat salah satu yang percaya tentang mitos kucing terutama yang berwarna hitam???

16 KOMENTAR

  1. Duh walaupun ane suka kucing, tapi kalo kucing item agak gimana gitu rasanya. serem sih. tapi btw di daerah gue mitos yang nomer 2 pernah denger, malah ada tambahannya, jadi kalo nabrak kucing sampe mati, itu orang yang nabrak itu bakal kenapa2 dalam perjalanannya, kecuali kalo yang nabrak langsung nguburin kucing itu plus di kucingnya di balut, kaos/kaos daleman yang nabrak. baru deh ga bakal kenapa2. mitosnya gitu sih.. tapi kalo nabrak kucing ya jangan deh. kasian kucing nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here