Categories: Serba Serbi

Resiko tidur setelah Makan Sahur

Ilustrasi. | Foto: copyright thinkstockphotos.com

Makan sahur memang jadi salah satu sunah untuk menjalankan ibadah puasa. Selama Ramadan, jam tidur kita pun berubah. Jika tadinya bangun paling pagi itu jam 5 untuk shalat Subuh, di bulan suci ini kita biasanya perlu bangun jam 3 dini hari. Kalau belum biasanya, kita pun akan merasakan kantuk yang amat berat saat makan sahur. Tidak heran kalau kemudian kita akan tergoda untuk kembali tidur setelah makan sahur.

Apa Resiko tidur setelah Makan Sahur? Memang ada sejumlah dampak negatif yang akan kita terima kalau langsung tidur setelah makan sahur. Tapi juga ada solusinya, kok. Berikut info lengkapnya :

Resiko tidur setelah Makan Sahur

  1. Perut Buncit dan Berat Badan Naik. Setelah makan dan kenyang, tubuh perlu waktu untuk mencerna semuanya. Tapi kalau kita langsung tidur begitu selesai sahur, wah lemak bisa tertimbun dalam perut dan tak langsung dapat dicerna dengan baik. Akibatnya, perut jadi buncit dan besar kemungkinan berat badan pun akan naik.
  2. Refluks Asam Lambung. Hati-hati, Ladies. Makanan yang baru masuk ke perut bisa berbalik, tadinya di lambung kemudian malah menuju kerongkongan. Ini namanya refluks. Kalau ini terjadi, kerongkonganmu akan terasa panas seperti terbakar. Tak hanya itu, mulut pun jadi terasa pahit. Pastinya tak nyaman sekali kan kalau habis makan sahur, kita langsung mengalami hal ini.
  3. Rasa Panas di Area Dada. Saat kita tidur, sistem pencernaan akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Kalau habis makan sahur langsung tidur, kita akan rentan kena sakit maag akibat dari meningkatnya kadar asam lambung. Naiknya zat asam inilah yang bisa menimbulkan sensasi panas di area dada.
  4. Berisiko Terkena Stroke. Wah, risiko yang satu ini memang menyeramkan, ya. Ternyata ada penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang yang jeda antara tidur dan makannya lebih lama, risikonya terkena gangguan stroke rendah. Dengan kata lain, kalau kita langsung tidur setelah makan (tak memberi waktu jeda yang cukup), maka risiko terkena stroke akan meningkat.

Solusi cara mengatasinya

  1. Kalau memang rasa kantuknya tak tertahankan setelah makan sahur, usahakan untuk tidur setelah 2 jam usai makan sahur. Beri jeda waktu yang cukup untuk memberi kesempatan tubuh mencerna makanan yang baru dikonsumsi sebelum tidur.
  2. Tidur lebih awal, lalu saat bangun untuk sahur, tubuh sudah bugar. Sehingga saat selesai makan sahur, tak merasa mengantuk lagi karena kebutuhan tubuh untuk istirahat sudah terpenuhi sebelumnya.
  3. Lakukan aktivitas dulu sebelum tidur lagi. Bisa dengan menunaikan shalat Subuh dulu, lalu berzikir, dan membaca Al Quran. Beri waktu tubuh untuk mencerna makanan yang baru kita konsumsi saat sahur. Baru setelah itu bisa tidur lagi.

Godaan untuk tidur lagi setelah sahur memang sangat berat apalagi jika kita punya kewajiban untuk bekerja atau melakukan aktivitas langsung di pagi hari. Niatkan puasa untuk ibadah dan jaga pula hidup dan pola makan dengan seimbang. Maka, bukan hal mustahil bulan suci ini akan memberi banyak berkah.

Demikian arikel Resiko tidur setelah Makan Sahur, semoga bermamfaat. Jangan lupa follow G+ opinikoe.com

Recent Posts

11 Tanda Doi termasuk Pria Mapan

Memilih pasangan memang tidak mudah. Yang terlihat baik belum tentu sesuai. Cocok belum tentu jodoh. Nah, yang idaman belum tentu… Read More

3 years ago

Limiting Download File Extensions on Mikrotik

Limiting Download File Extensions on Mikrotik adalah Salah satu management bandwidth di mikrotik paling ideal dalam membetasinya berdasarkan ekstensi file… Read More

3 years ago

20 Nama Binatang yang Disebut dalam Alquran

Dalam kitab suci umat Islam, Alquran, banyak disebutkan nama-nama binatang. Baik binatang bertulang belakang maupun binatang tanpa tulang belakang. Dari… Read More

3 years ago

4 Cara Jitu Diterima Kerja walau Fresh Graduate

Sudah lulus dan punya gelar, sekarang saatnya terjun ke dunia kerja. Tapi ternyata cari kerja itu susah. Banyaknya persaingan dan… Read More

3 years ago

5 Tips Melatih si Kecil untuk Disiplin

Melatih si kecil untuk disiplin perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting agar si kecil terbiasa melakukan hal baik. Segala… Read More

3 years ago

3 Alasan yang Bikin Situsmu Tak Menghasilkan Uang

Apa pun bidang bisnismu, situs menjadi alat untuk menghasilkan uang. Selain tempat menjual produk, situs juga bisa sebagai branding perusahaanmu.… Read More

3 years ago