Tips Agar Gigi Sehat dan Putih Bersih

Tips Agar Gigi Sehat dan Putih Bersih

Kesehatan dan kebersihan gigi harus selalu dijaga dengan baik. Selain membuat gigi lebih sehat dan jauh dari sakit, menjaga kebersihan gigi juga akan membuat nafas menjadi lebih segar serta penampilan gigi pun akan semakin menarik juga mengesankan. Di hari biasa, menjaga kesehatan dan kebersihan gigi mungkin bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tapi, di saat bulan Ramadan dan berpuasa seperti saat ini, kita yang menjalankan ibadah puasa setidaknya harus bekerja lebih ekstra dalam menjaga kesehatan gigi.

Dikutip dari berbagai sumber, setidaknya ada beberapa tips untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi agar gigi tetap terlihat lebih putih dan bersih selama berpuasa. Apa saja Tips Agar Gigi Sehat dan Putih Bersih, berikut tipsnya.

Tips Agar Gigi Sehat dan Putih Bersih

  1. Sikat Gigi Teratur. Pastikan bahwa kamu menyikat gigi dengan teratur. Meski sedang puasa, usahakan tetap menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari. Biar lebih berkah, sikat gigi setelah makan buka puasa dan setelah makan sahur. Hal ini dilakukan agar saat menyikat gigi kita tidak ragu apakah merasakan pasta gigi di siang hari saat menyikat gigi bisa membatalkan puasa atau tidak.
  2. Minum Air Putih Cukup. Usahakan untuk selalu konsumsi air putih yang cukup. Dalam ilmu kesehatan, seseorang disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas perharinya. So, usahakan agar saat buka puasa hingga sahur, kamu bisa minum air putih setidaknya sebanyak 8 gelas perhari. Ingat, minum air putih.
  3. Hindari Makanan Terlalu Manis, Pedas, Panas dan Dingin. Setelah puasa selama satu hari penuh, sangat nikmat rasanya jika kita berbuka dengan sesuatu yang segar dan manis. Tapi ingat, usahakan agar tidak berbuka dengan makanan atau minuman yang seperti ini saat berpuasa karena hal ini sangat bisa merusak kesehatan dan kebersihan gigi. Selain makanan atau minuman manis juga dingin, hindari juga makan makanan atau minuman yang panas dan pedas. Dua hal ini ternyata juga dipercaya bisa merusak kesehatan juga kebersihan gigi.
  4. Biasakan Berkumur dengan Baik. Saat berwudhu, usahakan untuk berkumur dengan baik dan tepat. Usahakan pula untuk berkumur dengan teratur. Selain bisa membuat mulut menjadi lebih segar, berkumur juga bisa membuat sisa makanan juga berbagai bakteri di gigi bisa terangkat dengan baik. Dengan begitu, berkumur akan membantu kamu dapatkan gigi sehat, bersih dan terjaga.
  5. Konsumsi Makanan Kaya Serat. Agar gigi sehat dan putih bersih selama berpuasa, disarankan agar kamu memperbanyak konsumsi makanan kaya serat. Makanan kaya serat bisa berupa sayur dan buah. Akan sangat baik lagi, jika kamu konsumsi sayur dan buah yang memang dipercaya bisa membuat gigi putih sepertinya halnya apel dan strawberry. Selain sehat dan cantik buat gigi, makanan kaya serat juga sangat sehat dan cantik buat tubuh secara keseluruhan.
  6. Hindari Berbagai Hal yang Merusak Gigi. Satu lagi tips agar gigi sehat, putih dan bersih adalah hindari berbagai hal yang bisa merusak gigi selama berpuasa. Berbagai hal tersebut antara lain adalah konsumsi kopi berlebih, merokok, minum minuman beralkohol atau minum minuman bersoda dan mengandung pemanis buatan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan demi dapatkan gigi sehat dan putih bersih selama Ramadan. Gimana, tips yang sangat mudah bukan? Semoga informasi ini bermanfaat. Demikian artikel Tips Agar Gigi Sehat dan Putih Bersih. Jangan lupa follow G+ opinikoe.com.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *